6 Tempat Wisata Karimunjawa yang Cocok untuk Akhir Tahun

By Unknown - September 27, 2017


Kepulauan Karimunjawa yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah merupakan salah satu taman laut paling indah di Indonesia. Taman laut yang berada di perairan Laut Jawa tersebut menjadi salah satu destinasi wisata populer di kawasan Propinsi Jawa Tengah.

Daya tarik utama Karimunjawa adalah pulau-pulaunya yang memiliki pemandangan dan suasana yang menyenangkan. Kawasan perairannya memiliki pemandangan bawah laut yang indah yang menjadikan Karimunjawa sebagai spot terbaik di Jawa Tengah untuk snorkeling dan diving.

Jumlah pulau yang ada di Karimunjawa ada sekitar 27 pulau. 5 diantaranya merupakan pulau yang berpenghuni yakni Pulau Karimunjawa itu sendiri, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, Pulau Parang dan Pulau Genting. Ada banyak spot wisata menarik yang bisa kita kunjungi di Karimunjawa. Berikut ini adalah spot wisata populer yang bisa kamu kunjungi.


Pulau Menjangan Kecil



Pulau Menjangan Kecil merupakan salah satu spot menarik di Karimunjawa untuk snorkeling karena perairan di sekitar pulau ini memiliki ekosistem bawah laut yang menarik. Keberadaan ikan-ikan kecil menjadi daya tarik utama wisata bawah laut di sekitar perairan Pulau Menjangan Kecil. Untuk yang ingin bermalam, di Pulau Menjangan Kecil juga sudah ada penginapan berupa resort.

Penangkaran Hiu di Pulau Menjangan Besar



Salah satu kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di Karimunjawa adalah berenang dengan ikan hiu. Yap, hiu yang dikenal sebagai predator paling ganas di perairan tersebut ternyata juga punya sisi lain yang lebih melankolis. Di Pulau Menjangan Besar terdapat sebuah penangkaran hiu yang mana kita diperbolehkan untuk berenang bersama ikan-ikan hiu di penangkaran tersebut. Tentu saja hiu yang ada di penangkaran ini merupakan hiu jinak.

Bukit Love



Keindahan pemandangan dan suasana tropis di Karimunjawa menjadikannya sebagai salah satu tempat favorite pasangan muda untuk berbulan madu. Jika kamu pergi ke Karimunjawa bersama pasangan, ada satu tempat yang wajib untuk dikunjungi yakni Bukit Love. Yang di puncak bukit ini ada sebuah tugu bertuliskan kata “love”.

Pantai Ujung Gelam



Pantai Tanjung Gelam merupakan pantai di Karimunjawa yang dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Jika cuaca sedang cerah, pemandangan di pantai ini terlihat begitu menarik untuk dikunjungi. Pada dasarnya, pantai ini memang sudah indah dengan pasir berwarna putih serta ombak yang sangat tenang.

Pantai Batu Topeng



Pantai Batu Topeng merupakan sebuah pantai yang berada satu garis dengan Pantai Tanjung Gelam. Pantai ini juga memiliki keindahan pemandangan laut dengan warna air yang biru muda dipadukan dengan warna hijau muda yang menghasilkan warna gradasi yang sangat indah sekali.

Pulau Geleang



Pulau Geleang merupakan salah satu pulau cantik lain yang dapat kita kunjungi di Karimunjawa. Pulau tak berpenghuni ini juga menawarkan keindahan yang akan membuat kita malas untuk pulang. Dengan pasir lembut tanpa karang ditambah jernihnya air laut sangat ideal untuk snorkeling.


Semoga informasi diatas dapat memberikan Anda referensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan bagi Anda yang mungkin masih ragu atau bingung memutuskan tempat wisata pantai mana yang akan Anda kunjungi maka Pulau Karimunjawa sebaiknya masuk dalam list liburan Anda.


Baca Juga : 

First Impression Balikpapan! Kota Indah dengan Sejuta Semangat

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar