Gunung Bunder, Kawasan Wisata Sejuk di Kaki Gunung Salak

By Unknown - September 27, 2017


Kalian bosan dengan rutinitas di Ibu Kota? Ingin menghirup udara segar dan bermain air di curug untuk liburan akhir tahun? Mungkin tempat ini bisa menjadi alternatifnya.




Gunung Bunder, Kawasan Wisata Sejuk di Kaki Gunung Salak



Daerah Bogor tidak hanya menyajikan berbagai macam makanan lezat, tapi juga berbagai tempat wisata menarik seperti wisata alam juga wajib diperhatikan dan salah satu yang wajib Kamu kunjungi yaitu Gunung Bunder.

Waktu tempuhnya dari Jakarta kurang lebih hanya dua jam. Rute perjalanannya cukup mudah. Dari Kota Bogor, Sahabat bisa mengambil arah ke Kampus IPB Dramaga dan terus mengikuti jalan ke arah Ciampea.

Gunung Bunder sendiri merupakan kawasan hutan yang dimilik Perhutani sebagian besar ditumbuhi pohon pinus. Tempat ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Dengan ketinggian antara 750-1.050 meter dari permukaan laut, lokasi Wisata Gunung Bunder adalah tempat yang sejuk dan masih cukup alami. Lokasi ini bisa menjadi alternatif wisata alam selain kawasan puncak yang sudah cukup padat.

Di kawasan Gunung Bunder, Sahabat bisa menemukan beberapa tempat wisata menarik seperti Curug Cigamea, Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Pangeran, Curug Cadas, dan Curug Seribu, Pemandian Air Panas. Selain itu, terdapat juga kawasan wisata Kawah Ratu.

Yuk, simak daftar tempat wisata di Gunung Bunder yang Kamu bisa kunjungi:

Curug Cihurang


Curug ini relatif aman untuk dikunjungi dan curug terdekat dari jalan masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Selain air terjun, di sini juga tersedia camping ground dan fasilitas bermain lainnya. Oleh karena itu, Curug ini sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga.


Curug Seribu


Curug Seribu adalah curug yang paling favorit di tempat ini. Untuk bisa sampai ke curug seribu, Sahabat harus berjalan sekitar satu jam dari tempat parkir. Ditengah perjalanan Sahabat akan disuguhkan pemandangan yang alami.

Belum lagi masih banyak kera yang bergelantungan di pohon menyambut kedatangan para wisatawan. Sesampainya di curug seribu, Kamu akan menemukan pemandangan yang indah, air terjun dengan debit air yang deras turun dari atas ketinggian kurang lebih 100 meter.

Kamu juga bisa turun dan bermain dibawah tetesan air yang deras, namun harus tetap berhati-hati ya.


Curug Ngumpet


Untuk bisa sampai ke lokasi curug ini Kamu tidak perlu membutuhkan banyak tenaga. Karena lokasinya cukup dekat dari tempat parkir, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

Ketinggian curug ini pun hanya sekitar 30 meter saja. Debit airnya tidak terlalu deras. Sangat pas jika ingin berenang dibawah turunnya air dan bersantai dibebatuan pinggir curug.

Curug Cigamea


Curug ini hampir mirip dengan Curug Ngumpet. Tidak terlalu tinggi, namun memberikan pemandangan yang indah. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dibanding dengan Curug Seribu. 

Disini Kamu akan menemui banyak warung. Sehingga sambil menikmati keindahan curug, Kamu bisa minum kopi atau teh bahkan menyantap indomie ditengah dinginnya udara disini.

Curug Cadas Ngampar


Curug ini merupakan air terjun yang memiliki banyak batuan cadas. Batuan cadas terhampar luas di sepanjang aliran sungai di sebelah bawah.

Cadas yang terhampar atau ngampar inilah yang digunakan penduduk sebagai nama curug yang letaknya berada di ujung bebatuan ini.

Diujung bebatuan itu terdapat kolam alam berada dibawah curug yang bisa digunakan untuk bermain air. Di kawasan ini, pengunjung juga bisa menemukan beberapa lokasi air terjun seperti di Curug Pengantin dan Curug Putri.

Baca Juga : Kabupaten Pati, Jadilah Daerah Penghasil Padi Terbesar Di Indonesia!

So, Kalau Kamu butuh rekomendasi tempat wisata yang tidak jauh dari Kota Jakarta, maka Gunung Bunder bisa Kamu masukkan ke dalam daftar tempat wisata akan dikunjungi.



  • Share:

You Might Also Like

1 komentar